jalanalakid.blogspot.com - Senin, 26 Januari 2015

Memasuki semester kedua untuk kalian atau anak anda yang sudah kelas 9 SMA tentunya harus memikirkan masa depan kalian atau anak anda ketika lulus nanti. Setiap orang tua ingin menyekolakan anaknya setinggi mungkin. Supaya anak mereka bisa hidup dengan baik nantinya. Setiap orang tua juga pastinya menginginkan anaknya supaya dapat bersekolah di perguruan-perguruan tinggi yang memiliki kualitas standar yang baik. Setelah lulus dari bangku SMA atau SMK, para orang tua tanpa memikirkan biaya yang akan mereka keluarkan untuk mendapatkan Universitas terbaik.

Copyright (c) www.ray-id.com
Setiap tahunnya terdapat ratusan siswa SMA maupun SMK yang lulus dari berbagai sekolah di Indonesia. Banyak dari antara mereka pastinya masih bingung untuk memilih Universitas yang sesuai dengan kemampuan mereka. Oleh karena itu, Jalan-jalan ala Kid kali ini akan memberikan tips kepada kalian dan para orang tua dalam memilih universitas yang sesuai dengan kemampuan kalian atau anak anda.

1. Reputasi dan Peringkat Universitas

Hal pertama yang perlu anda ketahui dalam mencari universitas yaitu mengetahui predikat Universitas yang menjadi tujuan anda. Anda dapat menemukannya di berbagai situs di internet. Selain universitasnya, anda juga harus mengetahui bahwa universitas itu memiliki jurusan pilihan anda mendapat akreditasi A. Selain itu anda juga dapat bertanya kepada alumni-alumni universitas tersebut mengenai universitas mereka.

2. Lokasi Universitas Yang Strategis

Lokasi universitas yang strategis juga merupakan faktor penting dalam memilih universitas. Lokasi universitas yang dekat dengan tempat tinggal kita adalah pilihan utama karena dekat dengan orang tua. Namun, banyak juga yang mencari universitas dengan merantau jauh dari orang tua agar bisa mandiri dan mendapat pengalaman yang baru.

3. Memilih Universitas Yang Dapat Pindah Jurusan

Banyak terjadi kejadian ketika anda telah berkuliah dan ingin pindah kejurusan lain mereka harus pindah universitas dulu bahkan harus mengulang dari awal lagi. Jadi sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apakah universitas tersebut dapat beralih ke jurusan lain tanpa harus pindah universitas bahkan harus mengulang.

4. Ukuran Bukan Masalah

Tidak semua universitas yang memiliki kampus besar menjamin kualitas lulusannya. Ada kalanya kampus yang berukuran kecil membantu anda lebih menerima dan memperhatikan mata kuliah yang diajarkan karena jumlah mahasiswa yang sedikit.

5. Kegiatan Ekstrakurikuler Yang Diterapkan

Selain jurusan yang ditawarkan universitas, universitas tersebut juga sebaiknya memiliki ekstrakurikuler yang dapat menyalurkan bakat anda. Dengan begitu, anda bisa berkuliah sambil meningkatkan bakat yang anda miliki.

6. Memiliki Program Beasiswa

Jika anda kurang mampu dalam masalah keuangan, sebaiknya anda mencari universitas yang menawarkan beasiswa kepada mahasiswanya. Karena dengan adanya beasiswa di kampus kalian, dapat meringankan biaya kuliah anda. Sebelum memilih sebaiknya anda mencari tahu hal tersebut di bagian keuangan kampus tersebut.

7. Kehidupan Sosial Di Universitas

Sebaiknya sebelum kalian memilih universitas, ketahuilah juga kehidupan sosial yang terjadi di lingkungan kampus tersebut. Kehidupan sosial kampus yang baik akan sangat membantu anda dalam berkembang di lingkungan kampus.

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan. Jadi sebelum kalian memilih universitas yang kalian minati, lebih baik kalian berkunjung ke universitas tersebut dan mencari tahu beberapa hal di atas agar kalian tidak menyesal nantinya. Semoga bermanfaat.

#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan