jalanalakid.blogspot.com - Kamis, 22 Januari 2015

Memasuki awal tahun 2015 ini, Berbagai daerah di Indonesia dan di belahan bumi yang lain mengalami perubahan cuaca yang ekstrim. Perubahan cuaca yang ekstrim ini ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Penyakit yang sering muncul menyerang tubuh kita adalah penyakit Influenza atau biasa kita kenal dengan subutan Flu. Penyakit ini disebarkan oleh virus RNA yang menyebar luas dengan menular melalui beberapa media penularan. Virus RNA menyerang sistem kekebalan imun yang rentan bisa terkena penyakit influenza.


Copyright (c) www.morningvertical.com
Penyakit ini timbul dimulai dari gejala seseorang merasa sakit di tenggorokan, menggigil kemudian demam, nyeri otot, sakit kepala, batuk dan pilek. Bila anda mengalami gejala-gejala tersebut, jalan-jalan ala Kid akan memberikan tips yang dapat meringankan penyakit ini. Tips kali ini dapat membantu anda mempercepat pemulihan pada tubuh anda.

1. Rutin Mengkonsumsi Air Terutama Yang Hangat

Ketika kita memeriksakan diri ke dokter karena penyakit ini, kita pasti dianjurkan oleh dokter untuk rutin meminum air putih. Ini dianjurkan untuk mengembaikan cairan tubuh yang hilang akibat dehidrasi. Jus buah juga dapat kita minum untuk mengurangi dehidrasi akibat penyakit ini. Namun, dianjurkan untuk tidak meminumnya dengan es. Minuman-minuman hangat seperti lemon hangat dengan campuran madu, minuman jahe campuran madu, dll, juga sangat baik karena terdapat beberapa vitamin penting yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan virus tersebut.

2. Mengkonsumsi Makan-Makanan Yang Bergizi

Saat makan, sebaiknya kita memilih makanan-makanan yang bergizi seimbang. Makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan protein yang tinggi, terdapat vitamin A dan vitamin C dan mineral. Sebaiknya menghindari makanan yang berlemak dan berminyak.

3. Istirahalah Yang Cukup

Istirahat yang cukup juga membantu meringankan penyakit ini. Kita dianjurkan untuk tidak memaksakan diri beraktivitas terlalu keras. Tubuh kita juga membutuhkan istirahat yang cukup untuk memproduksi lebih banyak sistem kekebalan tubuh. Sistem antibodi yang banyak dapat membantu melawan virus-virus yang menyerang kita.

4. Menggunakan Masker Hidung

Pakailah masker ini ketika anda berada di luar rumah. Masker ini dapat melindungi kita dari polusi yang dapat memperparah penyakit kita. Masker ini juga dapat mencegah penularan virus ini ke orang lain.

5. Selalu Sediakan Inhaler

Alat ini selain diperuntukkan untuk orang yang terkena penyakit asma, alat ini juga berguna membantu mereka yang terkena flu ketika sulit bernapas. Jadi jangan lupa menyediakan alat ini di kotak p3k anda.

6. Konsumsi Obat-Obatan Anjuran Dokter

Bila anda merasakan gejala-gejala terkena penyakit flu, sebaiknya anda langsung segera pergi ke puskesmas . Obat-obatan yang dianjurkan dokter segera kita minum untuk mencegah penyebaran virus ini cepat menyebar di dalam tubuh anda.

Itulah beberapa tips untuk anda ketika mengalami gejala flu. Jika penyakit flu anda tidak kunjung-kunjung membaik sebaiknya konsultasikan lebih banyak dengan dokter anda. Semoga bermanfaat dan semoga anda cepat sembuh.

#JalanAlaKid 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan