jalanalakid.blogspot.com - Minggu, 01 Februari 2015

Kadang kita dibuat bingung dengan tingkah laku hewan yang berbeda dari biasanya. Tahukah anda mungkin kelakuan hewan-hewan tersebut adalah pertanda bahwa akan terjadi bahaya kepada anda atau di sekitar anda. Namun, bisa juga menjadi pertanda baik bagi anda. Berikut jalan-jalan ala Kid akan membahas mitos kepercayaan dari masyarakat Toraja tentang kelakuan beberapa jenis hewan di sekitar kita yang menjadi tanda akan adanya bahaya.

1. Katak
I’duk atau katak di Tana Toraja yang bersuara 'kak' dan hanya sekali terdengar, itu menandakan anda akan mengalami bahaya. Agar terhindar dari marabahaya, sebaiknya anda melempar rumput kering ke arah katak tersebut sambil mengucapkan "kamu yang kering dan aku yang segar “. Maksud dari perkataan tersebut ialah agar marabahaya tersebut ditujakan pada si katak.

2. Anjing
Menurut kepercayaan masyrakat Toraja, bila anda mendengar suara anjing melolong ketika malam hari itu menandakan bahwa ia melihat hantu yang gentayangan.

3. Kucing
Bila anda melihat kucing sedang menjilat kaki depannya lalu mengusap-usap mukanya, itu pertanda bahwa tuannya akan mendapatkan daging. Dan apabila pada malam hari kucing terlihat berkelahi sendiri maka itu tandanya ia sedang berkelahi dengan roh jahat.

4. Burung
Ada beberapa jenis burung yang tingkah lakunya dipercaya sebagai pembawa pesan.
- Burung hantu
  Apabila anda mendengar Totosik atau burung hantu berbunyi pada malam hari, maka di sekitar anda akan ada yang meninggal.
- Burung Elang
  Kassak atau sejenis burung elang malam berbunyi pada beberapa malam, dipercaya di daerah tersebut juga akan ada yang meninggal.
- Bangau
  Apabila Korong atau burung bangau terbang dari kiri ke kanan atau dari arah selatan di depan anda ketika anda ingin berjudi atau sabung ayam, maka anda akan mendapat sial. Namun, jika ia terbang dari arah utara diyakini akan membawa keberuntungan.
- Kulu’-kulu’
  Sejenis burung yang juga  membawa kabar kematian.
- Kaloko
  Sejenis burung bangau yang jika ia berbunyi ma'barobo, itu pertanda anda akan mendapat sial dan jika berbunyi ma'tinti, itu pertanda anda
akan mendapat keberuntungan.
- Biung-biung
  Sejenis burung kecil yang apabila di mengeram pada siang hari, itu pertanda akan ada orang yang akan bunuh diri atau meninggal.

5. Ayam
Apabila anda melihat ayam betina berkelahi pada siang hari, itu pertanda akan datang anggota keluarga dari jauh.

6. Kasisi laulung
Sejenis lalat berukuran besar yang bila anda melihatnya, pertanda akan ada anggota keluarga yang meninggal.

7. To ratu
Sejenis kupu-kupu berukuran besar jika masuk ke dalam rumah anda pada mal hari, pertnda akan ada tamu yang akan berkunjung.

8. Ular
Ada juga beberapa jenis ular yang tingkah lakunya diyakini membawa nasip baik dan buruk kepada kita.
- Ular Hitam
  Jika ular ini tampak pada waktu petang menandakan kematian. Jika terlihat berada di sawah, itu pertanda bahwa panen akan berhasil. Sedangkan ketika kita berpapasan dengan ular ini di jalan dan ia melintas dari arah kiri ke kanan, itu pertanda akan terjadi bahaya. Namun, jika melintas dari arah kanan ke kiri itu pertanda keberuntungan.
- Ular Hijau
  Ular ini merupakan ular pertanda baik dan anda tidak boleh membunuhnya.
- Ular Jenis Panakan
  Ular ini sejenis ular yang tidak bisa kita bedakan mana yang ekor dan mana yang kepala. Jika anda bertemu dengan ular ini, ini menandakan akan ada keluarga yang meninggal.

Itulah kelapan jenis hewan yang diyakini membawa pertanda baik dan pertanda buruk. Mungkin sebagian masyrakat di Tana Toraja masih mempercayai hal-hal tersebut namun, kita sebagai masyarakat beragama layaknyalah kita tetap hanya percaya kepada Tuhan yang kita yakini saja.

Copyrighy (c) travel.kompas.com
#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan