jalanalakid.blogspot.com - Sabtu, 31 Januari 2015

Jalan ala Kid kali ini akan membahas tentang es krim nitogen yang menjadi tren saat ini. Es krim pertama kali dikabarkan muncul di Cina sekitar tahun 200 Sebelum Masehi berupa campuran susu beku dengan beras. Namun, resep es krim pertama kali muncul pada abad ke-18 di Inggris dan Amerika. Dahulu pembuatan es krim membutuhkan proses yang sangat lama dan kesabaran tingkat tinggi. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, es krim dapat dibuat dengan cepat dan sangat mudah.

Liquid Nitrogen atau nitrogen cair sudah lama digunakan dalam dunia memasak. Resep ini pertama kali digunakan pada tahun 1890 oleh Agnes Marshall. Pada dasarnya bahan kimia ini digunakan untuk membekukan makanan dengan cepat. Karena nitrogen cair sangat dingin dan mendidih pada temperatur -196 derajat celcius, sehingga nitrogen ini menghasilkan uap putih ketika menguap. Proses pendinginan  dari nitrogen ini sangat cepat dan menghasilkan kristal es yang banyak.

Copyright (c) www.life.viva.co.id
Saat ini telah beredar banyak jenis es krim di pasaran yang dapat kita jumpai. Namun, es krim baru yang menjadi tren di dunia pembuatan es krim yaitu Es Krim Nitrogen. Es krim yang dipadukan dengan bahan kimia Liquid Nitrogen (nitrogen cair) ini sekarang banyak dicari oleh pecinta es krim di seluruh dunia. Es krim campuran bahan kimia nitrogen ini lebih terasa lembut daripada es krim biasa.

Bahan kimia Liquid Nitrogen yang terdapat pada es krim ini tidak berbahaya bagi kesehatan karena pada saat berada di server, bahan ini langsung menguap sehingga dapat dipakai untuk proses pembekuan es krim. Liquid Nitrogen jika terkena udara dengan suhu panas dapat langsung menguap sehingga terlihat berasap-asap. Banyak manfaat dari es krim ini yaitu:

1. Susu yang terdapat dalam es krim dapat menguatkan tulang karena kaya akan kalsium

2. Dapat menguatkan gusi menjadi kuat

3. Kaya akan vitamin A, D, K dan B12

4. Es krim juga dapat menurunkan berat badan

Sebenarnya, nitogen cair juga cukup berbahaya bagi proses pembuatannya. Karena jika nitogen cair yang sangat dingin tersentuh langsung oleh tangan atau tubuh anda akan mengakibatkan terkena luka cold burns. Dampak lain dari pemakaian bahan kimia ini yaitu menipisnya oksigen di udara akibat menguapnya nitrogen cair dan dapat menyebabkan anda terkena asphyxia. Nitrogen cair juga berbahaya bila disimpan disembarang tempat karena dapat meledak. Semoga Bermanfaat.

Copyright (c) www.tribunnews.com
#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan