jalanalakid.blogspot.com - Senin, 02 Februari 2015

Darah berasal dari bahasa yunani yaitu haima yang berarti darah. Darah adalah cairan penting yang membantu makhluk hidup mengirimkan zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Darah juga berfungsi untuk mengangkut bahan-bahan kimia hasil dari metabolisme. Dalam darah terdapat hemoglobin yang mengikat oksigen sehingga oksigen mengalir di seluruh tubuh. Sehingga sangat tidak baik bila kita kekurangan darah.  

Kekurangan darah sering terjadi di berbagai rumah sakit di dunia setiap tahunnya. Sehingga perlu diadakan donor darah bagi mereka yang memenuhi syarat sebagai pendonor. Donor darah merupakan salah satu kegiaatan sosial yang sangat bermanfaat baik untuk tubuh kita juga bermanfaat untuk orang lain. Donor darah sangat dibutuhkan bagi penderita yang mengalami kurang darah akibat kecelakaan, operasi yang memerlukan banyak darah dll.

Copyright (c) upm-stis.blogspot.com
Pendonor darah biasanya berusia 17 tahun sampai 65 tahun dan memiliki berat lebih dari 50 kilogram dan sehat agar darah yang di donorkan tidak terjangkit penyakit yang berbahaya bagi penerima donor. Banyak darah yang diambil biasanya sekitar 250-350 mililiter darah. Setelah melakukan donor darah para pendonor diharuskan untuk beristirahat sebentar dan tidak lupa mengkonsumsi makanan ringan serta minuman ringan untuk menghilangkan rasa pingsan dan pingsan.

Donor darah sangat penting untuk membantu para penerima donor untuk dapat melanjutkan hidup mereka. Menurut badan kesehatan dunia atau WHO, darah yang kita donor ditranfusikan kepada:

1. Wanita yang mengalami komplikasi saat kehamilan, seperti kehamilan ektropik dan pendarahan selama melahirkan atau sebelum melahirkan.
2. Anak-anak yang mengalami anemia berat dan sering mengalami malaria serta malnutrisi
3. Orang-orang yang mengalami kecelakaan parah
4. Pasien bedah dan kanker
5. Orang yang mengalami sel sabit, telasemia dan hemofilia yang mana membutuhkan tranfusi darah secaara berkala.

Selain bermanfaat bagi orang lain, donor darah juga bermanfaat bagi tubuh kita. Menurut penelitian, pendonor yang rajin mendonorkan darahnya dapat mengurangi resiko terkena penyakit infrak miokard atau serangan jantung.

Copyright (c) tbmmpanacea.fk.ugm.ac.id
Darah yang anda donorkan dapat menyelamatkan hidup seseorang atau lebih. Darah yang anda donorkan dapat dipilah komponennya sesuai yang dibutuhkan penerima donor. Sel darah merah, trombosit dan plasma darah yang merupakan komponen darah tersebut dapat mengobati setidaknya 3 orang yang menderita kekurangan komponen darah tersebut.

#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan