jalanalakid.blogspot.com - Selasa, 24 Februari 2015

Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh kita. Hati kita terletak di bawah diafragma pada bagian perut sebelah kanan. Organ ini termasukk alat ekresi dalam tubuh karena membantu fungsi ginjal dengan memecah senyawa racun yang biasa disebut dengan proses detoksifikasi dan menghasilkan amonia, asam urat, dan urea dengan memanfaatkan asam amino dan nitrogen. 

Hati juga merupakan organ pembakar lemak yang melakukan fungsi-fungsi sebagai berikut:

1. Menghilangkan racun dalam darah 
2. Menghasilkan empedu untuk mencerna lemak
3. Mengubah nutrisi dari makanan menjadi komponen darah
4. Memecah hemoglobin dan menghancurkan sel-sel darah merah yang sudah tua
5. Mengatur hormon dan kadar gula darah
6. Menghilangkan bakteri dalam darah


Namun, sangat disayangkan bahwa gaya hidup modern yang kita sering lakukan membuat hati menjadi stress. Makan-makanan seperti junk food, gorengan, minuman beralkohol, rokok, obat-obatan, dan polusi lingkungan yang terjadi memberikan masalah berat pada kinerja hati. Hati kita bila terus bekerja keras dan terlalu stress dapat membuat proses menghancurkan racun dan lemak menjadi tidak efisien. Sehingga, dibutuhkan makanan dan minuman yang dapat membantu membersihkan hati agar dapat bekerja lebih efisien.

Wortel
Di dalam wortel terdapat glutathione yang merupakan protein untuk mendetoksifikan hati. Wortel juga dapat membantu hati dalam merangsang dan meningkatkan fungsi hati.

Tomat 
Tomat juga kaya akan glutathione. Selain itu, terdapat lycopene yang berguna membantu hati terlindung dari penyakit kanker

Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan yang sarat dengan belerang yang berfungsi mengaktifkan enzim yang menghancurkan racun pada hati. Terdapat juga allicin dan selenium yang membantu membersihkan hati anda.

Sayur Bayam 
Bayam juga memiliki glutathione dan juga kaya akan klorofil yang dapat membantu hati membersihkan logam berbahaya, pestisida dan bahan kimia dalam darah. 

Kubis
Dalam kubis terdapat glutathione yang membantu tubuh anda membuat Isothiocyanates yang kemudian memambantu merangsang produksi enzim mendetoksifikasi hati.

Kunyit
Kenyut merupakan rempah-rempah yang baik untuk kesehatan hati. Kunyit membantu tubuh anda untuk mencerna lemak dan memicu produksi empedu.

Brokoli
Sayuran ini membantu memicu pelepasan enzim yang disebut glukosionat dalam tubuh kita yang berfungsi merangsang produksi enzim pencernaan dan membantu menghilangkan racun dalam aliran darah anda.

Telur 
Telur memiliki protein yang berkuaitas tinggi. Asam amino dalam telur dapat membantu hati dalam proses detoksifikasi. Sementara kolin merupakan koenzim metabolisme yang membuang logam berat berbahaya dari dalam tubuh kita dan juga melindungi hati dari kerusakan. 

Jeruk Nipis
Buah-buah jeruk seperti lemon dan limau memiliki kandungan kaya akan vitamin C yang membantu merangsang hati dan meningkatkan pencernaan serta membantu tubuh mensintesiskan bahan yang beracun dalam tubuh.

Alpukat
Alpukat memiliki nutrisi dan lemak sehat yang membantu anda dalam memproduksi glutathione yang memungkinkan hati untuk dapat mendetoksifikasi sendiri.

Apel
Dalam apel terdapat pektin, yang merupakan zat kimia yang mendorong tubuh anda untuk melepaskan racun dari saluran pencernaan sehingga membantu dalam pekerjaan hati.

Selain makanan dan buah-buahan diatas, ada juga minuman seperti teh hijau yang memiliki katekin yang merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi hati. Minyak zaitun juga dapat membantu hati menyerap racun berbahaya di dalam tubuh kita. Itulah beberapa makanan, bahan makanan dan buah-buahan serta minuman yang dapat membantu anda dalam proses pembersihan hati dan meningkatkan kinerja hati anda menjadi lebih efisien. Selalu hidup sehat dan teratur juga membantu anda dalam melindungi tubuh anda termasuk hati anda. Semoga bermanfaat.

#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan