jalanalakid.blogspot.com - Minggu, 25 Januari 2015

Laut merupakan tempat dimana terdapat berbagai jenis flora dan fauna unik yang jarang kita ketahui. Flora dan fauna di wilayah perairan ini memiliki jumlah spesies lebih banyak dari pada yang ada di daratan. Masih banyak spesies flora dan fauna yang memiliki ciri-ciri unik yang belum di temukan karena luasnya daerah perairan di bumi ini. Salah satu ciri yang unik yang di miliki fauna bawah laut yaitu, mereka dapat hidup abadi. 

Jalan-jalan ala Kid kali ini menemukan salah satu binatang bawah laut yang memiliki kemampuan hidup untuk dapat hidup abadi. Namun, apakah benar mereka dapat hidup abadai? Immortal Jellyfish merupakan fauna lautan berupa ubur-ubur yang dapat hidup abadi secara biologis. Makhluk hidup ini pertama kali ditemukan pada tahun 1883 di lautan mediterania. Hewan ini dapat ditemukan di beberapa negara karena mereka sering menempel di kapal-kapal yang sedang berlayar. 

Copyright (c) www.lihatin.com
Ubur-ubur ini sangat kecil dan hanya memiliki diameter tubuh sekitar 4.5 milimeter. Seperti kebanyakan ubur-ubur lain bentuk tubuhnya menyerupai lonceng, memiliki kulit tebal pada bagian atasnya dan tipis pada bagian bawahnya dan memiliki perut berwarna merah yang bisa kita lihat karena memiliki kulit transparan.

Ubur-ubur jenis ini banyak hidup di daerah yang beriklim tropis. Ubur-ubur yang masih kecil mempunyai tentakel sebanyak 8 buah sedangkan yang sudah dewasa memiliki sekitar 80 buah tentakel. Mereka memakan plankton sebagai makanan utama mereka. Telur ikan dan moluska kecil juga dapat mereka makan.

Siklus kehidupan ubur-ubur ini dimulai dari telur yang disimpan di gonad yang merupakan bagian dalam perut ubur-ubur betina. Telur ini juga berkembang di dalam manubrium sampai matang. Setelah benar-benar matang, telur ini dilepas ke lautan dan akan dibuahi oleh sel sperma dari ubur-ubur jantan. Setelah pembuahan selesai telur akan menetas dan terciptalah ubur-ubur muda. Pertumbuhan immortal jellyfish bergantung pada suhu lautan tempat mereka tumbuh. 

Kemampuan untuk hidup abadi secara biologis baru diketahui pada tahun 1996 oleh para ilmuan yang melakukan penelitian dan menemukan fakta tersebut. Kemampuan untuk dapat hidup abadi yang dimiliki hewan ini dikarenakan mereka dapat kembali menjadi ubur-ubur muda/ polip ketika mereka telah berusia tua dan telah mencapai kematangan seksual. Proses ini dinamakan sebagai proses Transdiferensiasi dimana proses pembaharuan sel-sel yang telah tua dapat kembali menjadi sel-sel muda atau baru. Proses ini berlangsung cepat dan dapat mereka lakukan terus menerus. Sehingga mereka dapat hidup abadi secara biologis.

Secara biologis hewan ini dapat hidup abadi di lautan tetapi tidak secara keutuhan tubuhnya. Namun, dalam kehidupan faktor luar juga mempengaruhi kehidupan semua makhluk di muka bumi ini. Faktor predator dan serangan penyakit terhadap hewan ini merupakan salah satu faktor mereka tidak dapat hidup abadi. Karena tidak ada makhluk yang sempurna kecuali Tuhan. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian. 

#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan