jalanalakid.blogspot.com - Sabtu, 14 Februari 2015

Beberapa orang perokok aktif yang ingin bebas dari kegiatan mengisap rokok karena sadar dirinya telah rusak akibat rokok, memiliki pertanyaan "Apakah setelah berhenti merokok paru-paru saya akan pulih seperti sedia kala?" Sehingga diperlukan jawaban positif untuk dapat membangkitkan kepercayaan dirinya agar berhenti merokok. Percaya atau tidak, tubuh kita memiliki semacam kemampuan yang dapat menyembuhkan diri sendiri. Salah satu contohnya ketika anda melihat kehidupan para mantan perokok yang jauh lebih sehat beberapa waktu setelah berhenti merokok. Ketika berhenti merokok, saat itulah proses penyembuhan dimulai.  

Namun, memang saat proses penyembuhan awalnya anda akan merasa tidak lebih baik bahkan lebih parah. Itu terjadi karena anda berada pada proses penyembuhan akibat nikotin yang merupakan zat yang dapat membuat anda kecanduan untuk merokok. Biasanya anda akan mengalami gejala-gejala seperti cepat marah, gugup, batuk-batuk, dan lain-lain. Dalam beberapa kasus, nikotin akan dibuang oleh tubuh selama 2-3 hari.


Ketika anda telah mulai berhenti merokok, dalam 3 bulan paru-paru anda mulai berfungsi dengan normal walau belum secara utuh normal seperti sebelum anda merokok. Hal ini ditandai dengan meningkatnya fungsi paru-paru anda ketika menarik atau menghembuskan udara. Kemudian setelah berhenti merokok setelah setahun, bulu-bulu halus di dalam paru-paru (celia) akan kembali berfungsi dengan baik membersihkan paru-paru dan membuang lendir di dalam paru-paru. Juga gangguan pernapasan serta batuk-batuk yang sering anda alami mulai berkurang.

Menurut laporan dari U.S. Surgeon General, 10 tahun setelah merokok resiko anda untuk terkena kangker paru-paru menurun menjadi setengah lebih kecil dari perokok aktif. Bagi wanita, paru-paru wanita yang telah berhenti merokok setelah setahun berfungsi dua kali lipat dari pria yang berhenti merokok selama setahun. Hal ini membuktikan bahwa fungsi paru-paru wanita mantan perokok lebih cepat meningkat dari pada pria mantan perokok.


Kita biasanya melakukan proses menarik dan menghembuskan udara sebanyak kurang lebih 20.000 kali per hari. Untuk dapat melakukannya, paru-paru kita harus bersih dari endapan-endapan yang dapat menyumbat aliran oksigen dan karbon dioksida. Oleh karena itu, terdapat cilia yang berfungsi untuk membersihkan paru-paru dari lendir yang menghambat aliran udara. Namun, asap rokok yang anda hirup menghambat kinerja cilia yang mengakibatkan racun-racun yang ada pada asap rokok bertahan di dalam paru-paru. Karena cilia tidak berfungsi dengan baik, tubuh anda menggunakan batuk untuk membantu cilia membersihkan paru-paru.
  
Membersihkan paru-paru dari racun akibat merokok sangatlah tidak mudah. Hal ini disebabkan karena asap rokok cenderung membuat paru-paru terkontaminasi dan dehidrasi serta dapat membuat paru-paru menjadi bengkak. Butuh waktu setahun hingga tiga tahun lamanya untuk dapat membersihkan paru-paru setelah berhenti merokok tergantung berapa banyak anda mengkonsumsi rokok. Jadi hal terbaik yang anda lakukan bila ingin membersihkan paru-paru anda adalah dengan berhenti merokok dan mulai hidup sehat. 

Setelah benar-benar telah berhenti merokok, anda mulai mengkonsumsi makanan-makan sehat yang mengandung vitamin terutama yang mengandung vitamin E agar dapat membantu membersihkan paru-paru anda. Dengan melakukannya secara rutin, hal tersebut dapat membantu anda mempercepat 10 kali lebih cepat dalam membersihkan paru-paru. Sayur-sayuran berwarna hijau tua dan mengkonsumsi pil multi-vitamin juga sangat efektif dalam penyembuhan paru-paru. 5 sajian buah dan sayur setiap hari sangat membantu anda mengembalikan kesehatan paru-paru anda secara cepat. 

Perbanyak minum air putih. Air memiliki fungsi dapat membuang racun dalam tubuh, mengencerkan endapan-endapan dan dahak serta membantu mengeluarkan lendir. Dengan banyak minum air putih, anda membantu paru-paru anda agar dapat berfungsi dengan maksimal.   

Melakukan latihan pernapasan panjang juga membantu paru-paru anda berfungsi dengan baik. Cobalah untuk menrik napas dalam-dalam secara perlahan menggunakan hidug anda kemudian tahan beberpa detik lalu hembuskan menggunakan mulut anda. Latihlah secara rutin setiap hari dan rasakan perkembangan dari paru-paru anda.

Olahraga secara teratur juga dapat membantu membersihkan paru-paru anda. Usahakan untuk melakukan olahraga yang dapat mengencangkan paru-paru karena memiliki efek yang sangat baik pada proses penyembuhan paru-paru anda. Biasanya berenang menjadi olahraga yang cocok untuk anda. Alternatif lain bila anda tidak bisa berenang yaitu dengan berjalan kaki atau melakukan jogging. Selain membersihkan paru-paru, olahraga juga memberi dampak positif bagi organ tubuh anda yang lain. 


Membersihkan debu dan jamur yang ada di sekeliling anda juga berpengaruh cukup besar bagi paru-paru anda. Hal ini dilakukan agar mencegah iritasi pada paru-paru anda dan membuat lingkungan di sekitar anda nyaman dalam proses penyembuhan paru-paru. Dan cobalah untuk menghirup udara segar setiap paginya.

Itulah beberapa tips membersihkan paru-paru anda ketika anda telah berhenti merokok. Paru-paru anda akan sembuh dengan sendirinya bila melakukan hal di atas secara baik dan rutin. Kebiasaan merokok memang sulit dihindari namun bila anda bersabar menjalaninya pastinya akan mendapat hasil yang baik pula nantinya. Semoga bermanfaat.

#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (5)
Komentar
  1. Bagi mereka perokok berat, susah membersihkan paru-paru, namun demikian jika bersabar, maka akan bisa pulih meskipun tidak 100%.

    BalasHapus
  2. makasih artikelnya sangat bermanfaat sekali. tp serius berhenti merokok itu emang bener2 susah. Harus bersungguh-sungguh, bulatkan tekad dan semangat 45 :)

    BalasHapus
  3. ini perlu niat beberapa kali lipat untuk bisa berhenti..q masih belum ada niat buat berhenti hahahaha

    BalasHapus

Don't Miss

Jangan Lewatkan