jalanalakid.blogspot.com - Senin, 16 Februari 2015

Belakangan ini banjir Jakarta menjadi fenomena yang tak lagi asing di telinga kita. Banyak pemberitaan yang buruk baik di media televisi maupun media sosial mengenai banjir yang melanda Jakarta. Bencana banjir terjadi akibat meningginya volume air pada suatu daerah sehingga daerah tersebut terendam oleh air. Biasanya hal ini terjadi akibat dari adanya endapan yang terjadi pada saat hujan dengan intensitas yang tinggi. Faktor kelalaian yang disengaja maupun tidak disengaja oleh manusia juga menjadi faktor terjadinya bencana ini. Sehingga muncul dampak negatif berupa kerusakan yang terjadi di lingkungan sekitar yang terkena banjir. 

Biasanya banjir yang terjadi identik dengan air yang menggenangi suatu daerah. Namun, ada beberapa fenomena bencana banjir yang pernah terjadi di dunia ini terjadi bukan karena digenangi oleh air melainkan oleh sesuatu yang menurut pemikiran kita tidak akan terjadi. Berikut, jalan ala Kid akan membahas 6 peristiwa fenomena bencana banjir yang paling aneh di dunia.

1. Banjir Lumpur


Banjir lumpur yang paling fenomenal di Indonesia yaitu banjir lumpur panas lapindo yang terjadi di daerah Sidoarjo, Jawa Timur pada tahun 2006. Banjir ini berasal dari aktivitas pengeboran yang di lakukan oleh perusahaan Lapindo. Semburan lumpur yang panas selama beberapa bulan, mengakibatkan daerah sekitar tergenang oleh lumpur dan menyebabkan kelumpuhan ekonomi daerah tersebut.

2. Banjir Bir


Banjir bir pernah terjadi di London pada tahun 1814. Bencana ini berawal dari retaknya sebuah tong raksasa tempat penyimpanan bir di Meux and Company Brewery yang berkapasitas sekitar 610,000 L bir. Akibatnya, tong-tong lain juga ikut bocor sehigga sekitar 1,470,000 L bir mengalir ke jalan dan merusak beberpa rumah di daerah tersebut dan merenggut 8 nyawa orang.

3. Banjir Karamel 


Banjir karamel pernah terjadi Boston, AS pada tahun 1919. Banjir ini terjadi dari semburan molase yang merupakan bahan pemanis standard di AS yang terdapat pada tangki penyimpanan sehingga menggenangi jalan-jalan dan menewaskan sekitar 21 orang. 

4. Banjir Akibat Gurita


Banjir ini terjadi di sebuah Aquarium Santa Monica pada tahun 2009. Banjir ini diakibatkan oleh seekor gurita yang ingin keluar dari tangki tempatnya tinggal. Gurita tersebut berusaha keluar dengan membuka penutup tangkinya menggunakan tentakelnya. Katup penutupnya pun lepas dan membuat kantor aquarium tersebut dibanjiri air. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat peristiwa tersebut.

5. Banjir Kotoran Babi


Banjir ini terjadi di sebuah desa Bavarian, Jerman pada tahun 2006. Banjir ini akibat dari pecahnya tangki penyimpanan kotoran babi. Sehingga banjir setinggi 1,5 meter menggenangi desa tersebut. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan namun, banjir kotoran babi ini sangat mengganggu warga di desa tersebut terutama akibat bau yang ditimbulkan.

6. Banjir Air Panas


Baru-baru ini, terjadi banjir air panas di Swedia. Banjir ini akibat dari ledakan pipa pemanas yang rusak di kawasan pusat kota. Akibatnya, seorang supir menabrak sekelompok pejalan kaki sehingga menewaskan satu orang dan melukai 7 orang pejalan kaki tersebut. Supir bus mengaku akibat meletusnya pipa pemanas tersebut, uap air yang muncul mengganggu jarak pandang pengemudi bus tersebut sehingga menabrak  para pejalan kaki.

Itulah keenam fenomena banjir yang paling aneh yang pernah terjadi. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. 

#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (1)
Komentar
  1. Simak juga informasi menarik tentang 5 Tragedi Banjir Paling Aneh di Dunia di : http://www.lensaterkini.web.id/2015/07/5-tragedi-bencana-banjir-paling-aneh-di.html

    BalasHapus

Don't Miss

Jangan Lewatkan