jalanalakid.blogspot.com - Jumat, 06 Februari 2015

Pisau gamma atau gamma knife merupakan pengobatan radiaasi atau radioterapi untuk memotong jaringan tubuh seperti kanker, tumor dan penyakit lainnya. Sinar gamma yang digunakan berupa gelombang elektomagnetik yang dihasilkan dari radioisotop 60Co.

Pengobatan radiasi atau radioterapi telah digunakan semenjak akhir abad ke-19 tidak lama setelah ditemukannya sinar-X. Sinar-X yang digunakan untuk mengobati penyakit seperti tumor, patah tulang, dll, ternyata juga dapat membunuh jaringan kanker. Sinar gamma yang dihasilkan dari hasil rekayasa Kobalt-60 mempunyai karakter yang sama dengan sinar-X saat sinar gamma dan sinat-X bertumbukan dengan jaringan sehingga mengakibatkan rusaknya DNA jaringan.

Copyright (c) m-e-s.co.uk
Kobalt-60 ini sudah lama digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Radiasi sinar gamma dipasang di dalam sebuah ruangan yang kedap sinar radioktif yang bila digunakan, terdapat jendela seperti diafragma yang akan terbuka sehingga sinar gamma pada ruang tersebut keluar mengenai target (jaringan kanker) yang telah ditentukan. Sinar gamma tersebut akan melewati jaringan yang sehat untuk mencapai jaringan kanker. Jaringan sehat yang dilewati oleh sinar-X atau sinar gamma tidak akan hancur karena memiliki daya tahan lebih tinggi dari pada jaringan kanker. Untuk mengurangi kerusakan pada jaringan sehat, belakangan ini banyak metode yang digunakan seperti IMRT, 3-Demension Conformal Planning, SRS, dll. Untuk mengobati penyakit kanker padat, digunakan kombinasi pengobatan radiasi dan komoterapi agar mendapat hasil yang optimal. Kombinasi pengobatan ini bertujuan agar semua sel-sel kanker yang ada hilang dan meminimalkan kerusakan pada jaringan sehat.

Gamma knife telah digunakan oleh Prof. Lars Leksell sejak tahun 1967 pada pengobatan penyakit kelainan pada otak di Institut Karolinska Stockholm,Swedia. Pengobatan pisau gamma ini telah sukses mengobati penyakit tumor selaput otak (meningioma), tumor kelanjar di bawah otak (hipofisis), Tumor pada selubung syaraf akuistik (vestibular schwannoma), kelainan pada pertemuan antara arteri dan vena dalam otak (Arterio-Venous Malformation), dll. Untuk pengembangan selanjutnya, metode gamma knife akan mengobati kelainan otak seperti parkinson, epilepsi dan tremor. Di Indonesia pengobatan menggunakan metode ini digunakan di RS Siloam Hospitals Lippo Village yang berada di kota Tangerang.

Copyright (c) www.siloamhospitals.com
#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan