jalanalakid.blogspot.com - Rabu, 25 Maret 2015

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit kanker yang berkembang pada sebuah kelenjar di dalam sistem reproduksi laki-laki. Berkembangnya kanker tersebut dikarenakan ketika sel prostatbermutasi dan berkembang secara tidak terkendali. Akibat dari perkembangan tersebut, biasanya para laki-laki akan mengalami rasa sakit ketika buang air kecil.

Menurut American Cancer Society, penderita kanker prostat banyak dijumpai di Eropa dan Amerika Serikat. Namun, di benua Asia seperti Asia Timur dan Selatan penyakit ini jarang muncul. Dari penelitian yang dilakukan, para penderita penyakit kanker prostat ditemukan rasio plasma vitamin B12 sangat rendah.


Pada senin 23 Maret 2015, HealthDay News mengabarkan bahwa Suplemen Vitamin D dapat menghambat atau mencegah laju perkembangan penyakit kanker prostat pada sebuah penelitian kecil yang baru di lakukan.

Menurut Bruce Hollis, seorang profesor pediatri, biokimia dan biologi molekuler di Medical University of South Carolina di Charleston mengatakan bahwa Vitamin D dapat mengurangi peradangan pada jaringan dan peradangan tersebut yang mencegah berkembangnya kanker. 

Penelitian ini dilakukan pada 37 orang laki-laki secara acak yang dipilih untuk menghilangkan kanker prostat mereka dengan memberikan 4.000  International Units (IU) dari vitamin D atau plasebo inactive selama 60 hari sebelum dilakukan operasi.

Setelah selesai operasi mereka diperiksa dan ditemukan fakta baru bahwa para penderita yang menerima vitamin D sebelum operasi memiliki peningkatan pada tumor prostat mereka sedangkan pada kelompok plasebo tumor tetap sama bahkan memburuk.

Hollis mengatakan bahwa lebih dari 60% dari mereka yang menggunakan Vitamin D membuat kanker menjadi lebih baik. Dalam beberapa kasus, ada tumor yang mulai menyusut dan bahkan ada beberapa  tumor yang hilang. Namun ini hanya penelitian kecil dan perlu diuji lebih lanjut lagi.

Dari hasil temuan tersebut menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin D dapat membantu mengurangi kebutuhan untuk pengobatan secara radikal. 

Namun, Dr Anthony D'Amico, kepala onkologi radiasi di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, mengatakan bahwapenelitian ini masih terlalu kecil untuk mencapai kesimpulan yang pasti mengenai manfaat Vitamin D dalam memerangi kanker prostat.

D'Amico menegaskan bahwa laki-laki tidak harus mulai mengkonsumsi suplemen vitamin D dengan harapan memperlambat atau mengobati kanker prostat.

Walaupun masih dalam tahap penelitian yang berkembang tidak ada salahnya untuk kita mencoba mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (1)
Komentar
  1. Suplemen vitamin d kan bukannya untuk tulang yah ? Yang saya tahu sih suplemen yang dari bahan ekstrak hati ikan hiu botol (Centrophorus atromarginatus). itu lebih berkhasiat memerangi kanker loh.

    Khasiat lain hati ikan hiu botol : http://goo.gl/2rZcUf

    BalasHapus

Don't Miss

Jangan Lewatkan