jalanalakid.blogspot.com - Senin, 19 Januari 2015

Suatu negara berdiri harus memiliki kriteria-kriteria yang sudah di tentukan dan mendapat persetujuan/pengakaun sejumlah negara di dunia. Syarat utama dari sebuah negara yaitu mempunyai wilyah yang tetap di permukaan bumi, mempunyai rakyat yang bersatu dan terdapat sistem pemerintahan yang kuat yang dapat mengatur rakyatnya. Pengakuan suatu negara terhadap negara lain sangat berpengaruh besar terhadap berdirinya suatu negara merdeka. Dengan adanya pengakuan dari negara lain, negara dapat mempunyai hubungan internasional dengan negara-negara yang mengakui mereka

Dalam berdirinya suatu negara, dibeberapa negara belahan dunia ini ada fakta-fakta menarik tentang berdirinya suatu negara. Jalan-jalan ala Kid kali ini akan membahas negara-negara kecil yang proses berdirinya sangat kontofesional.

1. Operasi Atlanntis
Negara terkecil pertama ini memilki wilayah berupa sebuah kapal laut. Pemimpin kapal ini adalah Warner Stiefel. Kapal yang berlayar pada tahun 1971 ini bertujuan untuk membentuk suatu komunitas sendiri di laut internasional yang tidak terikat oleh suatu negara. Sayangnya negara yang terbentuk ini tidak bertahan lama dikarenakan kapal yang menjadi wilayah mereka tenggelam di kepulauan Bahama. Peristiwa tenggelamnya kapal ini menjadi akhir dari perjalanan negara tersebut.

Copyright (c) annunaki.me
2. Pulau Rose
Salah satu negara terkecil berikutnya yaitu Pulau Rose. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 0.0004 kilometer persegi. Pemimpinnya adalah seorang insinyur bernama Giorgio Rosa. Giorgio adalah seorang insinyur dari Italia yang membangun sebuah bangunan di atas laut di dekat pantai Rimini pada tahun 1967. Setahun setelah pembangunannya, giorgio ingin memisahkan diri dari negara Italia dan membentuk negara yang bebas. Pemerintah negara italia pun menolak keras keinginan dari Giorgio dan meledakkan bangunan tersebut hingga tidak terlihat lagi.

Copyright (c) deeryhantho-zhathishawhit.blogspot.com
3. Sealand
Negara dengan luas wilayah sekitar 0.00055 kilometer persegi ini terletak 10 km dari pesisir pantai Inggris. Negara ini awalnya adalah sebuah benteng pertahanan yang dibangun pada masa perang dunia II. Pemimpin dari negara ini adalah Paddy Roy Bates. Menurut Bates, Sealand telah diakui secara de facto oleh negara Jerman dan Inggris. Negara ini juga telah menerbitkan paspor untuk warga negara mereka.

Copyright (c) opinionator.blogs.nytimes.com
4. Kerajaan Other World
Negara selanjutnya berbentuk sebuah kerajaan matriarchy (dipimpin oleh wanita) seluas 0.02 kilometer persegi. Kerajaan ini merupakan sebuah resort di wilayah Republic Ceko yang telah mendeklarasikan kemerdekaan mereka. Pemimpinnya adalah Her Royal Majesty Queen Patricia I. Uniknya kerajaan ini terdiri dari bangsawan-bangsawan wanita sebagai penguasa dan laki-laki sebagai budaknya. Kerajaan ini juga memiliki mata uang sendiri, penjaga keamanan, paspor, bendera sampai lagu kebangsaan sendiri.

Copyright (c) www.vemale.com
5. Kerajaan Talossa
Berikutnya negara yang juga berbentuk kerajaan yaitu Kerajaan Telossa. Kerajaan yang didirikan oleh seorang anak berumur 14 tahun bernama Robert Madison ini memiliki luas wilayah sekitar 13 kilometer persegi ditambah beberapa bagian di Antartika.

Copyright (c) hendrajailani.blogspot.com
6. Republik Molossia
Negara seluas 58 kilometer persegi ini di berada di dekat Dayton, Nevada, US. Presidennya yang merupakan pemilik tanah di daerah itu bernama Kevin Baugh. Negara ini masih membayar pajak kepada US, namun pemimpinnya menganggap itu sebagai bantuan luar negeri.

Copyright (c) www.vice.com
7. Kerajaan Hutt River
Negara ini memiliki luas sekitar 75 kilometer persegi dengan memiliki penghuni sebanyak 20 orang. Terbentuknya negara ini berawal dari perkebunan yang di miliki oleh 5 keluarga besar yang tinggal di provinsi Hutt River, Australia berselisih dengan pemerintah Australia. Pemimpinnya His Royal Highness Prince Leonard I bernama Casley yang memimpin kelima keluarga ini dalam proses persidangan. Di dalam persidangan Casley mendeklarasikan kemerdekaan negaranya untuk melepaskan diri dari pemerintahan Australia.

Copyright (c) unik-nya-dunia.blogspot.com
8. Grand Duchy Of Westarctica
Wilayah seluas 1.610.000 kilometer persegi di bagian barat Antartika ini di klaim oleh Travis McHenry sebagai wilayah miliknya. Westarctica yang merupakan daratan es ini di klaim menjadi kepunyaan Travis dari celah perjanjian antar negara tentang kepemilikan dari Wilayah antartika.

Copyright (c) www.jfvcoins.com
#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (1)
Komentar
  1. Unik sekali, kalau negaranya sekecil itu tak harus ada transportasi yang bisa memacetkan jalanan seperti Jakarta.

    BalasHapus

Don't Miss

Jangan Lewatkan