jalanalakid.blogspot.com - Minggu, 18 Januari 2015


Jalan-jalan ala Kid kali ini membahas tentang tanaman yang memiliki arti penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa kita, bangsa Indonesia. Tanaman bambu merupakan jenis tanaman rumput-rumputan yang memiliki batang beruas-ruas dan terdapat rongga di dalamnya. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai iklim dari daerah beriklim dingin pegunungan sampai daerah yang beriklim tropis. Sehingga kita banyak menemui tanaman ini di negara kita. Tanaman ini banyak memberi manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Tanaman yang apabila kita mengelolanya dengan baik ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, tahukah kalian bambu juga memiliki arti penting bagi perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka.

Tanaman bambu digunakan oleh bangsa kita pada masa penjajahan sebagai senjata untuk melawan para penjajah Belanda. Senjata ini disebut bambu runcing yang juga disebut sebagai senjata bangsa. Banyak daerah-daerah di berbagai kota di Indonesia melambangkan bambu runcing sebagai lambang keberanian bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Copyright (c) petisikotbah.wordpress.com

Senjata ini awalnya digunakan oleh para penjajah Belanda untuk menghalangi tentara Jepang masuk ke Indonesia melalui jalur udara. Namun ternyata Jepang malah masuk melalui jalur laut sehingga saat itu pun daerah kalijati dapat di kuasai oleh tentara Jepang.

Bambu-bambu runcing yang digunakan oleh belanda untuk menghalang para penerjun payung Jepang itu dimanfaatkan oleh tentara jepang untuk melatih bangsa Indonesia baik laki-laki maupun perempuan dalam hal berperang. Hal ini bertujuan untuk membantu tentara jepang mempertahankan kedudukannya di Indonesia dari serangan musuh. Senjata bambu runcing ini disebut sebagai Takeyari oleh tentara Jepang.

Copyright (c) www.roodebrugsoerabaia.com

Tokoh terkenal yang disebut sebagai Jenderal Bambu Runcing yaitu K.H. Subchi yang berasal dari Parakan. Dalam organisasi Barisan Muslimin Temanggung, beliau menjabat sebagai penasehat organisasi tersebut. Barisan Muslimin Temanggung ini kita kenal dengan sebutan Barisan Bambu Runcing.

Salah satu tokohnya yaitu K.H. Subchi dari Parakan, Temanggung yang dikenal dengan gelar Jenderal Bambu Runcing. Ia sebagai penasehat BMT (Barisan Muslimin Temanggung) yang kemudian dikenal menjadi Barisan Bambu Runcing. Bambu runcing digunakan oleh bangsa Indonesia saat itu dikarenakan kekurangannya peralatan perang yang kita miliki. Senjata ini adalah salah satu senjata tradisional yang kita miliki.

Kita masih dapat menjumpai peninggalan-peninggalan bersejarah ini di rumah-rumah para pahlawan bambu runcing dan di berbagai museum di Indonesia. Senjata bambu runcing merupakan senjata yang digunakan untuk Indonesia menyadarkan bangsa Indonesia yang taat kepada penjajah agar tetap tunduk kepada perjuangan rakyat Indonesia. Senjata ini lebih bersifat senjata penyemangat. Perjuangan politik dan diplomasi yang dilakukan para pendiri bangsa juga mempunyai peranan penting dalam kemerdekaan bangsa Indonesia.

#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan