jalanalakid.blogspot.com - Kamis, 29 Januari 2015

Di Indonesia salah satu gunung yang paling kita kenal memiliki kisah yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Kisah legenda tentang gunung ini sering kita dengar sewaktu kita masih menjadi pelajar. Namun, ternyata di luar negeri juga ada beberapa gunung yang memiliki kisah legenda yang menarik untuk kita simak.

1. Gunung Jenny Lompat

Jalan-jalan ala Kid yang pertama membahas tentang kisah cerita rakyat gunung jenny lompat. Gunung ini berada di Warren. Menurut cerita dari rakyat setempat, konon ada seorang gadis berusia 9 tahun bernama Jenny yang sangat patuh pada perintah ayahnya. Ia tinggal di sebuah rumah yang berada di sebuah tebing. Suatu ketika, jenny bermain di tebing bukit sambil memetik buah beri. Namun, jenny kaget ketika melihat seorang indian datang dan ia menangis sambil berteriak meminta tolong pada ayahnya. Lalu ayahnya menyuruh jenny lompat. Jenny pun melompat ke tebing itu dan kabarnya ia meninggal. Cerita lain juga tersebar bahwa jenny selamat ketika lompat dari tebing dan berhasil kabur. Sekarang gunung itu pun disebut Jenny Jump Mountain.

Copyright (c) commons.wikimedia.org
2. Gunung Petit Jean

Kisah gunung yang kedua berasal dari Conway, Arkansas. Konon, Petit Jean adalah seorang wanita muda berasal dari perancis. Ia menyelundup di sebuah kapal yang akan berlayar ke Amerika. Kapal ini akan menjelajahi sungai Misisipi dan Arkansas. Ia menyamar sebagai laki-laki dengan memotong rambutnya menjadi pendek agar ia dapat hidup bersama tunangannya. Penyamarannya berhasil sehingga tidak ada satu pun di kapal tersebut yang mengetahui bahwa ia adalah wanita bahkan tunangannya sekali pun. Ia pun mendapat pekerjaan sebagai awak kabin di kapal tersebut. Saat mereka sedang menjelajah di suatu gunung, Jean terkena penyakit parah yang mengakibatkan penyamarannya terbongkar karena ia harus dirawat. Ia pun meninggal di gunung tersebut dan di kubur di sana. Sehingga gunung tersebut dinamai dengan namanya Petit Jean.

Copyright (c) www.panoramio.com
3. Gunung Cader Idris

Selanjutnya kisah dari gunung Cader Idris yang terletak di Gwynedd, Wales. Gunung ini juga di sebut sebagai kursi Idris (The Chair of Idris) atau tempat duduk pangeran Idris. Ada banyak versi legenda dari gunung ini. Salah satunya, ada bagian dari gunung ini berupa batuan landai seperti tempat duduk. Konon, bagi siapa pun yang bermalam tidur sendirian di tempat tersebut, ia bisa menjadi gila, bahkan meninggal adapula yang akan menjadi penyair. Sebab, menurut legenda di sana, tempat tersebut digunakan sebagai pijakan oleh raksasa Idris untuk melihat bintang. Ada tradisi tidur di puncak gunung oleh penyair agar mendapat inspirasi yang berasal dari tradisi bardic. Ada juga versi lain dari kisah legenda gunung ini, kursi yang menjadi legenda di gunung tersebut ternyta milik raja Arthur.

Copyright (c) www.go4awalk.com
4. Gunung Tangkuban Perahu

Siapa yang tidak kenal gunung yang satu ini? Ya, gunung yang terletak di daerah bandung bagian utara ini sudah sering kita dengar kisahnya yang terkenal. Konon, gunung ini berasal dari perahu yang terbalik. Sangkuriang dikisahkan telah jatuh cinta dengan seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi, yang ternyata adalah ibu kandungnya sendiri. Dayang Sumbi yang mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya ketika melihat bekas luka di kepala Sangkuriang pun terkejut dan karena laki-laki yang akan dinikahinya adalah anaknya sendiri. Dayang Sumbi pun mengajukan syarat kepada Sangkuriang untuk membuat sebuah telaga dan perahu dalam waktu semalam. Namun sebelum semua syarat selesai Dayang Sumbi menggagalkan usaha Sangkuriang. Sangkuriang pun marah dan menendang perahu yang telah hampir selesai. Perahu tersebut mendarat terbalik dan kemudian membentuk sebuah gunung yang kita ketahui bersama yaitu Gunung Tangkuban Perahu.

Copyright (c) republiktravel.com
Itulah keempat gunung di dunia yang memiliki kisah legenda masing-masing. Kita sebagai manusia yang tinggal di zaman modern boleh percaya atau tidak akan cerita legenda tersebut.

#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan