jalanalakid.blogspot.com - Sabtu, 07 Februari 2015

Diabetes merupakan penyakit kelainan metabolik yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penyakit kencing manis ini ternyata dapat membawa penderita mengalami komplikasi beberapa penyakit yang mematikan seperti, penyakit jantung koroner, stroke, retinopati, penyakit ginjal, dll. Penderita diabetes memiliki resiko dua kali lipat terkena penyakit jantung. Para penderita penyakit diabetes sulit terdeteksi terkena penyakit jantung karena neuropati diabetes yang menyebabkan syaraf perasa tumpul sehingga jarang merasakan nyeri di dada mereka.

Sekitar 71% dari penderita kencing manis memiliki tekanan darah diatas 140/90. Untuk menurunkan tingginya tekanan darah tersebut, biasanya mereka mengandalkan obat yang diresepkan dari dokter. Tingkat kolesterol LDL mereka juga meningkat bisa mencapai 100 mg/dl bahkan lebih. Sehingga membutuhkan obat penurun kolesterol. Para penderita diabetes yang pernah mengalami serangan jantung memiliki resiko lebih besar terkena serangan jantung kembali. Sekitar 65% penderita diabetes meninggal akibat serangan jantung dan stroke.


Diabetes dan penyakit jantung dapat terjadi bersamaan karena tingkat level gula yang ada pada darah sangat tinggi. tingkat level gula yang tinggi ini merusak arteri sehingga menyebabkan terjadinya pembekuan dan pengerasan pada nadi. Terganggunya saluran darah menuju ke seluruh tubuh mengakibatkan stroke dan penyakit jantung. Resiko terkena penyakit jantung juga terjadi biasanya karena ada sejarah keluarga yang menderita penyakit tersebut.


Untuk itu, sebaiknya mencegah kita terkena penyakit diabetes di usia muda apalagi bagi anda yang memiliki sejarah keluarga terkena penyakit diabetes. Pradiabetes adalah pasien yang belum mengalami diabetes namun cenderung akan terkena penyakit diabetes. Sepertiga penderita diabetes biasanya akan mengalami penyakit diabetes, sedangkan sepertiganya lagi masih akan mengalami pradiabetes dan sisa sepertiganya akan kembali hidup normal. Di bawah ini tips agar bisa kembali hidup normal.

1. Mengatur pola makan
2. Menjaga berat badan ideal
3. Berolahraga dengan teratur
4. Berusahalah tetap bugar dan memiliki gaya hidup sehat

Tips bagi penderita diabetes agar dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung yaitu:

1. Menjaga tekanan darah anda tetap berada dibawah level 140/80 atau sesuai saran dari dokter anda.
2. Menjaga Kolesterol anda dibawah 100 mg/dl dan bagi pria HDL harus di atas 40 sedangkan wanita di atas 50.
3. Stop Merokok. Berhenti merokok dapat membantu anda mengurangi terkena serangan jantung karena rokok dapat menggandakan resiko anda terkena penyakit jantung.
4. Makan-makanan yang baik. Makan-makanan yang memiliki serat seperti beras merah, buah-buahan, sayur-sayuran, roti gandum dan sereal serta kacang-kacangan. Memilih makanan berlemak sehat seperti ikan, biji-bijian dan alpukat. Memakan makanan dengan lemak jenuh rendah seperti youghurt dan keju. Mengurangi makan-makanan penutup seperti es krim dan kue.
5. Minum obat yang diresepkan oleh dokter anda.
6. Selalu aktif selama 30 menit atau lebih setiap hari.
7. Pelajari tanda-tanda bila terkena penyakit jantung dan stoke.

Itulah tips untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung bagi penderita diabetes. Niat, usaha dan doa yang benar sangat membantu kesembuhan anda. Semoga bermanfaat.

#JalanAlaKid

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (1)
Komentar
  1. Diabetes selain karena faktor genetik juga karena pola makan dan gaya hidup tak sehat. Makan makanan yang mengandung tinggi gula dan berlemak ditambah merokok adalah pemicunya, apalagi jika sudah ada riwayat dalam keluarga.

    BalasHapus

Don't Miss

Jangan Lewatkan