jalanalakid.blogspot.com - Senin, 12 Januari 2015

Masih dari Tana Toraja, jalan-jalan Kid kali ini akan membahas tentang tarian khas suku ini. Banyak sekali tari-tarian khas suku ini. Tarian-tarian ini biasa di lakukan untuk acara ritual adat suku Toraja yaitu Rambu Tuka' untuk acara pernikahan dan Rambu Solo' untuk acara pemakaman.

Di setiap acara ritual adat suku ini, banyak seni yang di pentaskan merupakan perpaduan beberapa ragam seni. Contohnya seperti perpaduan antara seni suara dengan seni tari, seni suara dengan seni musik dan seni tari dengan seni musik atau bisa gabungan ke tiga seni tersebut.

Copyright (c) viewimaging.blogspot.com 
Salah satu tarian yang paling terkenal dari suku ini iyalah Tarian Ma'gellu. Tarian ini mulanya di gunakan di Distrik Pangalla'. Tarian ini di pentaskan pada acara adat khusus yaitu Ma'Bua' yang merupakan upacara pentasbihan Rumah adat Tongkonan atau keluarga suku ini telah selesai mengadakan upacara Rambu Solo'.

Saat ini tarian Ma' gellu' sering di pentaskan untuk upacara-upacara adat seperti perkawinan, syukuran panen dan acara penerimaan tamu kehormatan. Tarian ini di pentaskan oleh kaum remaja putri dengan jumlah ganjil dan diiringi tabuhan gendang dari remaja putra yang berjumlah 4 orang.

Hal lain yang unik dari tarian ini adalah aksesoris dari busana penari yang mewah. Aksesoris penari berupa perhisan yang terbuat dari emas dan perak seperti Sarapang Bulawan, Kandaure, Sa'pi' Ulu', Bulu Bawan, Rara', Tali Tarrung, Mastura, Manikkata, Lola'Pali' Gaapong, Komba Boko', Oran-oran, dll. Tarian ini tabu bila ditarikan pada upacara adat Rambu Solo'.

Tarian Pa Gellu' memiliki 12 macam gerakan utama. Setiap gerakan dalam tarian ini memiliki makna filosofi hidup dan etos kerja masyrakat suku Toraja. Tarian ini membutuhkan keterampilan yang terlatih dan latihan yang khusus pada saat menarikan tarian ini. Karena pada tarian ini di btuhkan keseimbangan yang tepat pada saat penari menari di atas gendang yang di tabuh.

Keunikan lain dari tarian ini yaitu saat penari menarikan tarian ini. Saat pertengahan tarian para penonton dapat menghampiri para penari dan menyelipkan uang di antara hiasan kepala yang dipakai para penari. Maka dari itu Jalan-jalan Kid kali ini sangat beruntung menyaksikan tarian adat suku Toraja ini.

#JalanAlaKID 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (1)
Komentar

Don't Miss

Jangan Lewatkan